Senin, 20 Juni 2011

Pantai Kijing | Kab.PONTIANAK



Pantai Eksotis Di Bumi Galahherang
Wisata Pantai Kijing sejak lama telah menjadi obyek wisata primadona di Kabupaten Pontianak. Pantai ini menarik wisatawan lantaran pesisir pantainya yang penuh pohon kelapa dan pasir putih yang landai.
JARAK tempuh untuk mencapai lokasi ini sekitar 70 km dari Kota Pontianak, Kalimantan Barat. Untuk mencapai lokasi; Anda dapat menggunakan kendaraan roda dua dan empat. Pantai Kijing merupakan pantai yang indah, terletak 18 km dari arah Utara Kota Mempawah menuju arah Kota Singkawang. Untuk bisa memasuki lokasi wisata ini, pengunjung dipungut biaya sebesar Rp 5.000 perorang.
Pantai Kijing sendiri lokasinya sebenarnya berada di daerah Mempawah. Kota yang luasnya 254,40 km ini mendapat julukan dari masyarakat Kalimantan Barat sebagai Bumi Galahherang. Kota ini terletak di jalur perdagangan antara Pontianak. Singkawang dan Sambas. Wilayahnya berbatasan dengan Kabupaten Bengkayang di sebelah Utara, Kabupaten Ketapang di bagian Selatan dan Laut Natuna di bagian Barat dan Kabupaten Landak di bagian Timur.
Karena sudah menjadi objek wisata yang terkenal, tak heran bila di pantai yang terletak di Barat Kalimantan ini tersedia sejumlah fasilitas. Seperti kantin, musholla, vihara, taman dan panggung pertunjukan. Panggung pertunjukan setiap saat bisa digunakan untuk menampilkan berbagai acara hiburan pada akhir pekan dan hari-hari libur lainnya.
Obyek wisata yang terletak di daerah Sungai Kunyit ini, merupakan salah satu obyek wisata bahari di Kalimantan Barat. Nama Kijing berasal dari nama sejenis kerang berbentuk kecil dan memanjang yang banyak terdapat di tepi pantai. Sebelum menjadi lokasi obyek wisata seperti sekarang. Pulau Kijing merupakan tempat hidupnya hutan mangrove dengan berbagai jenis biota laut seperti kepiting, kerang, dan sebagainya.
Namun karena terjadi abrasi pantai di sepanjang jalur lintas Utara, mulai dari Penibung di Kecamatan Mempawah Hilir hingga Sungai Raya, Kabupaten Bengkayang, biota laut tersebut perlahan tapi pasti mulai meninggalkan pesisir Pantai Kijing.
Di sepanjang pantai wisata Pantai Kijing, mulai dari arah Selatan hingga ke Utara yang terlihat hanya hamparan pasir putih dan rindangnya pohon kelapa sebagai tempat berteduh. Sayangnya, di pantai dengan luas sekitar 20 hektare ini. fasilitas penginapan belum tersedia.
Jika Anda sudah berada di pantai ini, jangan khawatir, keindahan laut, suara ombak yang tak henti menggulung tipi di pesisir pantai yang menerpa pasir membuat Anda melupakan semua kepenatan. Suasana pantai memang tak bisa dipungkiri memberikan keindahan tersendiri. Apalagi jika menjelang sore hari dan waktu terbenamnya sang matahari di ufuk Barat, memberikan kepuasan tersendiri bagi pengunjung.
Pantai memang bisa menjadi pilihan Anda mengisi waktu bersantai. Ditambah kelapa muda yang tersedia dan mudah dibeli, sehingga bisa membantu menyegarkan tenggorokan. Ini masih belum termasuk penganan khas Kabupaten Pontianak yang menggoyang lidah.
Dan nun jauh disana, terbentang Pulau Temajo yang banyak dinikmati para wisatawan yang datang dari berbagai kota di nusantara ini. Tak salah jika Anda memilih Pantai Kijing sebagai tempat wisata, karena akan bisamenjadi obat mujarab untuk mengatasi kcbosanan setelah bekerja selama seminggu penuh.
Sayang memang, karena keindahan pantai yang demikian memanjakan mata ini belum semuanya digarap maksimal oleh pemda setempat, sehingga tak banyak pengunjung yang datang.
Akibatnya, banyak pedagang sung berjualan menjadi sepi pembeli, akibat pengunjungyang datang sedikit dari yang diharapkan. Alhasil, keindahan pantai tak semanis rejeki yang diperoleh para pedagang, pencari nafkah di bibir pantai.
Diakui beberapa pedagang disana, sepinya pengunjung, karena kurangnya promosi dari Pemerintah Kabupaten Pontianak, sena infrastruktur wisata yang tidak memadai.
Di Pantai Kijing sebenarnya terdapat lebih dari 20 kantin.namun sebagian pemilik telah menutup usahanya karena merugi setiap hari. Meski ada pula beberapa penghuni yang masih bertahan, karena mereka hidup dan tinggal di kamin-kanlin tersebut.
Jika tidak ditangani dengan serius oleh Pemerintah Kabupaten Pontiunak. perlahan tapi pasti Pantai Kijing tidak mustahil akan ditinggalkan pengunjungnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar