Senin, 20 Juni 2011

Sotong Pangkong Pontianak




Sotong Pangkong merupakan salah satu panganan khas untuk lauk pauk sewaktu berbuka puasa atau sahur oleh sebagian besar masyarakat Kota Pontianak.

Muzanni (42) salah seorang warga Tabrani Ahmad, Sungai Jawi Luar, Kecamatan Pontianak Barat, Minggu (24/8), mengatakan ia dan keluarganya selalu menghadirkan menu sotong pangkong untuk makan sehabis buka puasa atau makan sahur. "Santap malam tapa kehadiran sotong pangkong akan terasa kurang, karena kami sudah terbiasa sejak puluhan tahun lalu selalu menghadirkan menu itu," kata Muzanni.

Sotong Pangkong adalah cumi-cumi yang dikeringkan lalu dibakar. Makanan ini umumnya hanya muncul di meja makan satu kali dalam setahun yaitu sepanjang bulan Ramadhan. "Kalau dibulan lain sulit mendapatkan sotong pangkong, mungkin berkah di bulan Ramadhan," tutur Muzanni.

Sotong pangkong diolah dari sotong atau cumi yang setelah dibakar lalu dipangkong (dipukul-pukul) agar daging cumi yang keras setelah diasinkan menjadi kenyal dan mudah dinikmati. Sotong dibakar pada bara api dengan arang kelapa atau kayu.

Siti Fatimah (46) salah seorang penjual sotong pangkong di Jalan Merdeka, Kecamatan Pontianak Kota, mengatakan, panganan ini hanya digemari dan laku dijual pada bulan Ramadhan. "Kalau di bulan-bulan lain kurang diminati," ucapnya.

Penyajian sotong pangkong cukup sederhana yaitu sotong cukup disajikan dengan kuah kacang atau kuah asam pedas manis agar terasa nikmat dilidah. Siti Fatimah per harinya bisa menjual satu hingga dua kilogram sotong kering, kemudian dijual Rp 10 ribu hingga Rp 20 ribu per ekor. "Lumayan pendapatan kotor bisa mencapai Rp 200 ribu per malam dengan keuntungan bersih Rp 70 ribu atau lebih," katanya.

Sekitar puluhan pedagang sotong pangkong berjejer menjual dagangannya di sepanjang Jalan Merdeka Pontianak dan hanya bisa ditemukan di bulan Ramadhan saja. Pedagan sotong menggelar dagangannya mulai pukul 17.00 WIB hingga 22.00 WIB.

Bagaimana rasanya sotong pangkong ini? Asin, gurih, asam dan pedas. Mak nyoss...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar